
Penggunaan E-Book Berupa Flipbook dan Berbasis Android
PENGGUNAAN E-BOOK BERUPA FLIPBOOK
DAN BERBASIS ANDROID
Penulis : Cipta Adhi Nugraha
Pendahuluan
Saat Indonesia diterpa pandemi pada tahun 2020 semua sektor kehidupan mengalami dampak yang sangat luar biasa, dengan pembatasan sosial semua aspek kehidupan mengalami keterbasan tidak terkecuali dunia pendidikan di tanah air. Proses pembelajaran yang biasa dilaksanakan secara tatap muka di sekolah terpaksa dilaksanakan secara dalam jaringan.
Pendidikan merupakan hal sangat penting yang tidak bisa berhenti dilaksanakan agar tidak terjadi lost generation. Pembelajaran harus tetap dilaksanakan, pendidik dan peserta didik tetap bertatap muka secara maya. Dipisahkan secara fisik tetapi disatukan dengan kemajuan teknologi berupa teknologi virtual meet zoom, meet, dan lainnya.
Pembelajaran akan efektif jika terjadi komunikasi yang baik antara pendidik dan peserta didik, baik secara sinkronus maupun asinkronus
Dengan dimulai kembali pembelajaran secara tatap muka pada tahun ini, penggunaan handphone pintar yang awalnya dilarang untuk dibawa ke lingkungan sekolah sebelum pandemi sekarang menjadi hal yang umum dan lumrah peserta didik membawa dan menggunakan handphone pintarnya di lingkungan sekolah bahkan di dalam kelas. Kehidupan peserta didik sepertinya tidak bisa lepas dari perangkat handphone pintar, terlepas hanya sebagai media hiburan atau untuk bermain game. Hal ini menjadi tantangan bagi pendidik untuk bisa memaksimalkan penggunaan handphone pintar tidak hanya sebagai media hiburan atau bermain game tetapi sebagai alat bantu dalam pembelajaran.
Dengan semakin terjangkaunya harga handphone pintar dan semakin luasnya jaringan internet di Indonesia membantu pelaksanaan pembelajaran baik secara daring maupun luring, pendidik dan peserta didik dituntut untuk memaksimalkan penggunaan handphone pintar. Pendidik harus dapat membuat media, modul, dan lembar kerja yang kreatif, interaktif, dan menarik agar peserta didik mau mempelajarinya secara mandiri.
e-book
Ada bermacam-macam media yang dapat digunakan oleh pendidik untuk menggantikan papan tulis di kelas, presentasi berupa powerpoint atau canva, video pembelajaran bisa yang dibuat sendiri ataupun yang berasal dari youtube, lembar kerja yang dapat diakses secara daring, atau e-book yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.
e-book menjadi pilihan yang paling tepat menjadi salah satu sumber bahan belajar peserta didik dibandingkan dengan media belajar berbasis audio video karena memiliki keunggulan penggunaan data yang lebih sedikit dari pada berbasis audio video pada saat digunakan. Selain itu e-book tidak hanya berisi teks atau tulisan saja tetapi dapat juga berisi gambar yang berwarna sehingga lebih menarik untuk peserta didik.
E-book atau electronik book adalah buku teks yang dikonversi menjadi format digital, e-book juga memiliki pengertian sebagai lingkungan belajar yang memiliki aplikasi yang mengandung database multimedia sumber daya instruksional yang menyimpan presentasi multimedia tentang topik dalam sebuah buku (Shiratuddin dalam Restiyowati dan Sanjaya,2012).
Format buku e-book yang banyak digunakan, yaitu:Teks polos, PDF, JPEG, HTML, dan Open Electronic Book Package. Menurut Sherley (2014) fungsi dan tujuan dari e-book adalah :
- Fungsi
- Sebagai media belajar yang dapat meningkatkan produktivitas belajar.
- Sebagai alat bantu guru dalam mengefektifkan dan mengefisienkan waktu pembelajaran.
- Tujuan
Dapat mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi dan memungkinkan pembelajaran bersifat individual serta pemberian informasi yang lebih luas kepada siswa.
Menurut Alwan dalam Pixyoriza (2018) Digital Book atau sering disebut e-book (Electronic Book) dalam duniapendidikan merupakan publikasi berupa teks dan gambar dalam bentuk digital yang diproduksi, diterbitkan, dan dapat dibaca melalui komputer atau alat digital lainnya.
Salah satu aplikasi e-book yang populer saat ini salah satunya adalah flipbookpdf.net pengguna atau penulis yang akan menkonversi tulisan atau teks atau bukunya menjadi e-book tidak lagi harus membeli dan menginstal atau memasang aplikasi/software pembuat e-book. Cukup dengan menyiapkan tulisan atau buku dalam bentuk pdf lalu di unggah ke web site flipbookpdf.net, tidak perlu menunggu waktu lama maka pengguna sudah diberikan link e-book berupa flipbook.
Disebut flipbook karena bentuk tampilannya seperti lembaran buku, ada suara membuka halaman dan animasi lembaran kertas yang bergerak. Hal inilah yang menjadikan flipbook lebih disukai peserta didik, tidak seperti pdf pada umumnya yang berbentuk teks dan halaman saja. Pengguna diberikan pilihan tema atau latar belakang yang dapat dirubah sesuai dengan keinginan pengguna agar pembaca lebih tertarik untuk membaca tulisan atau e-book lebih lama. Adanya iklan untuk pengguna gratis memang sedikit mengganggu tapi tidak sampai menutupi bagian dari e-book atau teksnya. Jika pembaca flipbook tidak ingin terganggu dengan iklan maka dapat memilih opsi berbayar.
Aplikasi e-book berbasis android
Flipbook selain memiliki kelebihan dibandingkan dengan file pdf dari segi tampilan dan fitur lainnya flipbook memiliki kelemahan diantaranya peserta didik harus menuliskan alamat flipbook yang panjang dan sulit untuk diingat sehingga pengguna/penulis flipbook harus membuatkan link khusus yang lebih mudah diingat oleh pembaca.
Dari kekurangan tersebut dapat diatasi dengan dibuatkan aplikasi android, sehingga peserta didik cukup memasang aplikasi tersebut maka sudah langsung membuka flipbook. Dengan menggunakan aplikasi android untuk membuka flipbook peserta didik lebih dimudahkan dan tertarik dalam membaca materi, atau bahan ajar karena dapat dengan mudah langsung membuka flipbook yang dituju tanpa harus mengetikan alamat, atau bersusah payah mencari dengan menggunakan google.
Gambar 1. tampilan e-book dari flipbookpdf.net dengan aplikasi berbasis android
e-book berupa pdf secara tampilan tidak menarik seperti flipbook, tetapi memiliki kelebihan jika pendidik atau penulis melakukan revisi pada konten maka tidak perlu melakukan update perubahan alamat seperti pada flipbook karena pada umumnya para pendidik menyimpan file pdf di google drive agar memudahkan jika ada perubahan atau revisi pada konten. Dan aplikasi e-book dengan pdf tanpa adanya iklan.
Gambar 2. tampilan e-book dari file .pdf dengan aplikasi berbasis android
Penutup
Adanya berbagai pilihan yang dapat digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan pembelajaran dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi ke peserta didik saat ini harus dapat memacu pendidik agar lebih kreatif dan inovatif dalam menyiapkan bahan pembelajaran.
Rendahnya literasi peserta didik disebabkan karena peserta didik sudah enggan untuk membuka dan membaca buku cetak, mereka lebih senang mencari bahan belajar, informasi di internet melalui perangkat handphone pintar yang mereka miliki.
Dengan adanya e-book berupa flipbook atau pdf berbasis android yang disiapkan oleh pendidik, peserta didik diharapkan tertarik untuk membaca dan mencari informasi melalui flipbook atau pdf. Karena peserta didik saat ini atau yang dikenal dengan istilan gen-Z selalu ingin segala sesuatunya dengan cepat dan instan termasuk dalam membaca dan mencari informasi. Dengan 1x sentuh pada menu atau ikon di layar handphone pintarnya langsung terbuka flipbook atau pdf yang akan dibaca tanpa harus menuliskan alamat yang panjang atau mencari dengan google.
Daftar pustaka
Deka Intan Kurniasih, dkk(2019). MEDIA E-BOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNINGDALAM MATA PELAJARAN EKONOMI. Universitas Sebelas Maret. https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/1053
Utari, Sherley. (2014). Pengembangan Media E-Book Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X di SMA Negeri 2 Padang Panjang.Tesis. Universitas Sebelas Maret.Yu, Fuxin (Andrew) Yu.(2012). Mobile/Smart Phone Use In Higher Education.University of Central Arkansas, pp. 831-839. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/42088
Pixyoriza. (2018).Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft FlipbookBerbasis Problem Solving.Skripsi, Universitas Raden Intan, Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/5169/
Duwi Novitasari, dkk (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELECRONIC BOOK (E-BOOK) BERBASIS EDMODO KELAS X SMK KARTIKATAMA METRO. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2533
Tulisan Lainnya
Informasi Tahap 2 PPDB 2024
untuk lihat hasil seleksi pilih menu Hasil Seleksi - Pilih Nama Sekolah - Pilih Jalur Pendaftaran melalui link >>disini<< INORMASI DAFTAR ULANG PPDB 2024 TAHAP 2 (PRESTAS
Peringatan Isra dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1445H
Jumat, 16 Februari 2024 Keluarga Besar SMAN 1 Gunungsindur mengadakan kegiatan Peringatan Isra dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1445H bertempat di lapangan upacara SMAN 1 Gunungsindur yang
Try Out US Gunadarma 2024
Kamis-Jumat, 1-2 Februari 2024 SMAN 1 Gunungsindur melaksanakan Try Out US untuk siswa kelas 12 yang diselenggarakan oleh Universitas Gunadarma. Kegiatan Try Out ini diikuti oleh 279 si
Absen Siswa Berbasis QR Code
Dimulai pada bulan Oktober 2023 lalu SMAN 1 Gunungsindur mulai menerapkan secara bertahap penggunaan absensi siswa berbasis QR Code yang terintegrasi dengan Kartu Pelajar, sehingga wakt
Pelaksanaan Asessmen Nasional 2023
Rabu-Kamis, 30-31 Agustus 2023 sebanyak 45 Siswa/i SMAN 1 Gunungsindur mengikuti pelaksanaan AN 2023 2 sesi selama 2 hari di lab komputer SMAN 1 Gunungsindur. Hari pertama siswa/i menge
Pembukaan dan Masuk Pertama Tahun Pelajaran 2023/204
Senin, 17 Juli 2023. Memulai Tahun Pelajaran 2023/2024 SMAN 1 Gunungsindur menerima siswa/i baru sebanyak 10 rombongan belajar untuk kelas 10 sehingga total rombongan belajar di SMAN 1
Panen Karya Kurikulum Merdeka
Kamis, 9 Februari 2023 SMAN 1 Gunungsindur menggelar acara Panen Karya Siswa Kelas X dalam rangka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Proyek P5 tahap kedua mengangkat T
Projek P5 - KEWIRAUSAHAAN
Kamis, 16 Februari 2023 Jam ke-1 s.d ke-2 Lembar Kegiatan 1 Jam ke-3 s.d ke-6 Lembar Kegiatan 2 Video tentang wirausaha 1 Video tentang